Mengenal Pabx Lebih Lanjut : IP Pabx Bagian 1

Ditulis pada Minggu, 08 Juni 2014 | Kategori: Berita / News | Dilihat 5013 kali

Gemilang Sejati - Pabx dapat difenisikan sebagai sebuah sentral telepon yang punya fitur-fitur seperti sentral telekomunikasi pada umumnya, dan dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dalam perkembangan nya Pabx memiliki beberapa jenis kategori meliputi:

  • Traditional Pabx, yaitu Pabx yang hanya men-support data suara analog saja dan beroperasi di jalur PSTN.
  • Hybrid Pabx, yaitu Pabx yang bisa men-support data suara analog dan digital dan dapat beroperasi di jalur PSTN maupun jalur IP (internet protocol)
  • IP Pabx, yaitu Pabx yang men-support data suara digital yang beroperasi di jalur IP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fungsi Dasar Pabx.

Fungsi Dasar PabxFungsi Dasar Pabx 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitur-fitur Pabx.

  1. Call Forwarding.
    Me-rute kan call / panggilan ke peralatan lain.Misal : call menuju ekstensi tertentu tidak segera diterima, di forward/diteruskan ke voice mail box
  2. Call Transfer.
    Mentransfer sebuah panggilan ke sebuah ekstensi lain, Misal : panggilan ke customer service (CS) di sebuah perusahaan, diterima dulu oleh operator, kemudian baru ditransfer ke ekstensi CS yang dituju.
  3. Conference Call.
    Pabx dapat menghubungkan lebih dari dua pemanggil ke sebuah grup sesi komunikasi yang disebut conference call
  4. Automatic Call Delivery (ACD).
    Me-rute kan call ke agen-agen penanganan yang sesuai. Pe-rute an ini tergantung dari spesialisasi agennya dan prioritas pemanggilnya. Untuk ACD ini, Pabx bisa berhubungan dengan sistim IVR yang secara otomatis akan memandu pemanggil melalui pilihan menu-menu yang tersedia.
  5. Voice Messaging.
    Fitur ini menyediakan sarana untuk perekaman message suara untuk user dan memainkannya kembali. Message bisa ditujukan untuk satu orang yang tidak berada di tempat saat panggilan datang, atau untuk sekelompok orang sebagai broadcast message.
  6. Call Queue.
    Kondisi ini terjadi saat call yang datang tidak bisa terlayani, karena semua ekstensi tujuan sedang sibuk. Call akan ditempatkan dalam sebuah antrian sampai ada salah satu ekstensi yang melayani. Biasanya ditambahkan fasilitas Music on hold yang dimainkan selama call dalam antrian
  7. Least Cost Routing (LCR).
    Panggilan dari telepon seluler bisa di-rute kan melalui jaringan PSTN, namun ini akan menyebabkan cost menjadi mahal. Alternatifnya, bisa di-rute kan langsung lewat gateway seluler.
  8. Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang lain.......

 

IP Pabx.

  • IP Pabx adalah Pabx yang men-support VoIP call.
  • IP Pabx juga menyediakan fasilitas untuk menghubungkan VoIP call ke TDM call dari PSTN.

Pemakaian Dasar IP Pabx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • VoIP mempunyai kemampuan komunikasi yang sempurna, dengan biaya komunikasi yang bisa ditekan di bawah biaya telepon tradisional.
  • IP Pabx punya kemampuan untuk menghubungkan sistim packet-switched di sisi internal-nya dengan sistim circuit-switched di sisi 
    eksternal, jika terintegrasi dengan PSTN.
  • IP Pabx terdiri dari hardware dan software.
  • Pada awal-awal dikenalkannya IP Pabx, jika PC belum punya kemampuan optimal dalam menjalankan fitur IP Pabx, maka PC tersebut bisa dilengkapi dengan hardware berupa card, untuk menjadi sistim IP Pabx.

 

Case Study : Asterisk Open Source IP Pabx.

Asterisk® adalah software open source di bawah GNU General Public Licence (GPL). Asterisk® dapat dikonfigurasi sebagai inti dari IP atau Hybrid PBX; berfungsi sebagai switching panggilan, pengatur rute, penyedia fitur dan penghubung pemanggil ke dunia luar melalui koneksi-koneksi IP,  analog (PSTN) dan digital (E1/T1) . Asterisk® bisa dijalankan pada beberapa jenis Operating System, seperti Linux, Mac OS, OpenBSD, FreeBSD dan Sun Solaris. Asterisk berjalan dengan stabil pada Linux Debian Stable Sebagai gateway, Asterisk® juga menyediakan protokol-protokol untuk standart komunikasi dasar teleponi dan codec media.

Asterisk® sebenarnya dapat dijalankan tanpa hardware, tapi jika menginginkan ada koneksi dengan peralatan telepon digital dan analog, bisa ditambahkan card yang dibuat oleh Digium, sebagai kreator-nya Asterisk®.

 

Implementasi Asterisk Untuk VoIP berbasis SIP.

Implementasi Asterisk Untuk VoIP berbasis SIP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Kerja Asterisk®.

  • Komunikasi di dalam Asterisk menggunakan sebuah kanal.
  • Jika ada n titik pada sesi komunikasi, maka disediakan n kanal untuk masing-masing titik.
  • Topologi yang digunakan di dalam Asterisk adalah STAR, dimana IP Pabx yang dikonfigurasi dengan Asterisk sebagai intinya.
  • Bisa dimungkinkan, di masing-masing titik akhir topologi tersebut adalah user dengan protokol yang berbeda, misalkan satu titik menggunkan SIP, titik lain menggunakan H323. Asterisk bisa menjadi jembatan di antaranya.
  • Asterisk men-support beberapa protokol :
    - IAX (Inter-Asterisk Exchange)
    - H.323 (ITU T Standart)
    - SIP (Session Initiation Protocol)
    - MGCP (Media Gateway Control Protocol)
    - SCCP (Skinny Cisco Protocol)
  • Asterisk men-support codec-codec populer, seperti : ADPCM, G.711 (A-law, µ-law), G.722, G.723.1, G.726, GSM, iLBC, LPC-10. Dengan beragam codec yang di-support, Asterisk mampu melayani user-user yang berkomunikasi dengan berbeda codec.

Asteriks berbasis topologi star

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arsitektur Dasar Asterisk.

Arsitektur Dasar Asteriks

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arsitektur software asteriks.

arsitektur software asteriks

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bersambung ...............

 sumber: http://lecturer.eepis-its.edu/

 

Update Berita

Tipe-tipe PABX

Tipe-Tipe PABX Tentu saja dengan semakin berkembangnya waktu PABX juga berkembang. Teknologi yang digunakan pun juga ...

kapasitas PABX yang anda butuhkan

Kapasitas PABX yang diperlukan?   Untuk kebutuhan PABX di rumah tidak sulit untuk dijawab, tetapi pertanyaan ini menjadi ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Jl. Lapangan Roos III No.17 Jakarta Selatan 12840
  • (021) 835.0212, 8379.5683 / Fax. (021) 829.6020
  • 0813.8210.8686, 0818.10.8686 (Yudi Gumilang)
  • 7E7D26D4
  • info@gemilangsejati.com; gemilangsejati@yahoo.com